Jumat, 23 Desember 2011

YUI YOSHIOKA

Bagi para pecinta anime pasti udah gak asing sama penyanyi yang satu ini...
Yup, dia pernah bawain lagu "Life" dan "Rolling Star" yang jadi ost dari anime "Bleach"..


Awal Karier

Yui  yang lahir pada 26 Maret 1987 ini adalah seorang penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalis, composer, dan bintang film.. Lahir dan dibesarkan di Fukuoka, Yui bermain live di beberapa tempat di kampung halamannya sebelum Sony Music Japan menyadari bakat yang dimilikinya...
Ketika ia berumur 3 tahun, ayahnya pergi meninggalkan ia dan ibunya.. Yui bilang ia selalu dekat dengan musik, ia akan mengingat beat lagu yang ia dengar di radio dan menyanyikannya.. Sejak saat itulah ia bermimpi menjadi seorang penyanyi..

 Yui ketika SMP

Ibu Yui menyuruhnya untuk menulis diary tentang perasaannya dan mengubahnya menjadi puisi, ketika SMA ia pun mulai menulis lagu, lagu pertama yang berhasil ditulis Yui adalah "Why Me".
Yui bekerja paruh waktu untuk membiayai kursus musiknya, namun akhirnya ia menyadari bahwa sekolah, kerja, dan musik tidak dapat dijalankan sekaligus.. Akhirnya ia memutuskan untuk drop out dari sekolah dan belajar bermain gitar serta menulis lagu di juku, sebuah sekolah musik di Fukuoka.. Bermimpi untuk menjadi profesional, ia mulai tampil sebagai musisi jalanan di Tenjin Station Fukuoka. Tempat ini membantu Yui untuk menjadi lebih percaya diri dan menghilangkan rasa malunya...

 Yui dan salah satu live street performancenya

Awal Kesuksesan & Album Pertama

Bulan Maret 2004, Yui mengikuti audisi "SD Audition" yang diadakan Sony Music Japan. Dari 20 ribu peserta hanya 10 orang yang tersisa termasuk Yui. Duduk menyilangkan kaki di lantai, Yui bernyanyi sambil memetik gitar. Lagu yang dibawakannya waktu itu sebanyak 3 buah lagu, "Why me", "It's happy line", dan "I know". Finalis hanya boleh membawakan 2 buah lagu menurut peraturan audisi, tapi juri memberikan nilai yang sangat tinggi bagi YUI. Setelah itu, berbagai perusahaan rekaman menjadi saling berebut untuk mengontraknya. Lagu pertama yang dinyanyikan, "Why me" nantinya dijadikan single perdana, diikuti dengan "It's happy line" dan "I know". Keduanya diterbitkan sebagai singel indie debutnya, "It's happy line" dengan lagu "I know" di sisi B.

Pada Februari 2006, Yui merilis album studio pertamanya yang berjudul "From Me To You", album ini terjual 200.000 copy..


Akting & Goodbye Days

Kemudian Yui memulai karier aktingnya dengan membintangi film "Midnight Sun (Taiyou no uta, タイヨウのうた)" yang bercerita tentang seorang gadis bernama Kaoru Amane yang mengidap penyakit xeroderma pigmentosum (XP)..

 Cover DVD Taiyou No Uta

Penyakit tersebut membuatnya tidak dapat terkena sinar matahari... Film ini membuat Yui mendapatkan penghargaan sebagai Best Newcomer Award pada Japan Academy Prize.


Beberapa cuplikan dari Taiyou No Uta

Yui menulis sebuah lagu berjudul "Goodbye Days" sebagai soundtrack dari film tersebut... Lagu ini bertahan di Oricon Chart selama 44 minggu dan menjadi single terlaris Yui dengan penjualan 200.000 copy...





Single & Studio Album

Setelah Goodbye Days, Yui mengeluarkan single "I Remember You", disusul dengan "Rolling Star" yang dijadikan opening song dari anime "Bleach", dan "CHE.R.RY" sebagai lagu tema iklan televisi ponsel KDDI layanan "Listen Mobile Service"..

 Single "I Remember You"
 Single "CHE.R.RY"

Album kedua Yui, "Can't Buy My Love" diluncurkan pada April 2007. Album yang menjadi nomor 1 pada Oricon Chart selama 2 minggu berturut-turut ini berhasil terjual 680.000 copy...

Cover "Can't Buy My Love"

Album ketiga Yui yang berjudul " I Loved Yesterday" diluncurkan pada 9 April 2008... Album ini menghasilkan beberapa single, diantaranya "My Generation", "Love & Truth" yang dijadikan soundtrack dari film Erika Sawajiri yang berjudul "Closed Note" , dan "Namidairo". Album ini kembali menjadi nomor 1 di Oricon dengan penjualan sebanyak 400.000 copy..





Album keempat Yui berjudul "Holiday In The Sun", kembali menjadi nomor 1 di Oricon dengan penjualan sebanyak 300.000 copy dan membuat Yui mendapatkan sertifikat Platinum... Album ini berhasil menghasilkan single "Summer Song", "Again" yang menjadi opening song anime Fullmetal Alchemist Brotherhood, "Gloria" dan " To Mother"...





Pada 1 Juni 2011, Yui merilis single "Hello", single ini menjadi lagu tema dan ending song dari sebuah film berjudul "Paradise Kiss" yang diangkat dari manga yang berjudul sama..

 Single "Hello"
 Film "Paradise Kiss"

Kemudian pada 7 Juli 2011, Yui mengunjungi sekolah-sekolah yang terkena gempa Tohoku dan Tsunami, di sekolah itu juga Yui mengadakan konser amal untuk membantu para korban bencana.. Dari pengalamannya tersebut, Yui menulis sebuah lagu berjudul "Green a.Live" yang akhirnya menjadi nomor 1 di Oricon...



Album kelimanya yang berjudul "How Crazy Your Love" diluncurkan pada November 2011 dan sekali lagi  kembali menjadi nomor 1..



Semoga untuk kedepannya Yui akan selalu memberikan yang terbaik pada musik... :D : D :D

Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar